Home / SIARAN PERS / Asyari Usman dan Ranu Muda Raih Penghargaan Jurnalis Inspiratif

Asyari Usman dan Ranu Muda Raih Penghargaan Jurnalis Inspiratif

MATARAM – Dalam rangkaian Musyawarah Nasional Kerja (Mukernas) I Forum Jurnalis Muslim (Forum) yang diselenggarakan di Islamic Center Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 20-22 Februari 2018, Forjim memberikan penghargaan Jurnalis Inspiratif kepada dua jurnalis muslim.

Dua jurnalis tersebut adalah Asyari Usman, eks wartawan BBC London dan Ranu Muda Adi Nugroho, wartawan portal Panjimas.

Penghargaan diberikan sebagai apresiasi Forjim atas dedikasi dua jurnalis tersebut dalam dunia jurnalistik yang bisa dijadikan inspirasi.

“Keduanya menginspirasi perjuangan jurnalis muslim. Perjuangan menegakkan dan merajuk nilai-nilai kebangsaan, serta mengawal nilai-nilai keumatan,” kata Ketua Umum Forjim, Dudy Sya’bani Takdir saat pemberian penghargaan pada pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) I Forjim, Selasa (20/2/2018).

Pemberian penghargaan disaksikan  Gubernur NTB, Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi. Ranu Muda, jurnalis penerima penghargaan berterima kasih kepada Forjim.

“Mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Forjim sehingga memberikan penghargaan kepada saya. Saya ucap syukur karena masih banyak kawan-kawan yang peduli kepada kasus saya, meskipun aparat sendiri menyatakan bahwa saya bersalah,” kata Ranu usai pemberian penghargaan.

Seperti diketahui Ranu sempat mendekam dalam penjara atas tuduhan pemufakatan jahat pada kasus perusakan kafe maksiat di Solo, Jawa Tengah. Padahal saat itu status Ranu tengah melakukan peliputan. Belakangan majelis hakim memvonis bebas Ranu atas tuduhan tersebut.

Sedangkan Asyari Usman juga mengucapkan terima kasih kepada Forjim. “Saya menyampaikan terima kasih karena telah memberikan penghargaan dengan sebutan Jurnalis Inspiratif. Semoga penghargaan ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya untuk membuat tulisan-tulisan yang kritis dan tidak kendor. Juga kepada anda-anda yang masih muda,” ujar Asyari. []

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *