Home / JOURNALIST SCHOOL / Mengenal Apa Itu Jurnalistik Online?

Mengenal Apa Itu Jurnalistik Online?

berita-20FORJIM – Jurnalistik adalah proses peliputan, penulisan, dan penyebarluasan informasi (actual) atau berita melalui media massa. Jadi, Jurnalistik adalah memberitakan sebuah peristiwa.

Online merupakan informasi yang dapat diakses dimana saja, dan kapan saja di seluruh dunia selama ada jaringan internet.

Internet merupakan singkatan dari Interconnection – Networking) – jaringan antarkoneksi, atau sistem jaringan computer yang saling terhubung.

Website atau situs adalah halaman mengandung konten, termasuk teks, video, audio, dan gambar, website bisa diakses melalui internet dan memiliki alamat internet yang dikenal dengan URL yang berawal www atau http.//

Jurnalistik Online dapat didefinisikan: proses penyampaian fakta/informasi yang diproduksi dan disebarkan melalui media internet, utamanya website.

Jurnalistik Online mengandalkan kecepatan, kemudahan akses, bisa di update dan dihapus kapan saja, serta dapat berinteraksi dengan pembaca. Interaksi dengan pembaca dapat langsung saat itu juga melalui kolom komentar dll.

Jurnalistik Media Cetak harus melalui proses yang lama. Dilayout, hingga masuk ke percetakan, penyebaranya pun harus melalui marketing yang terkoordinasi.

Jurnalistik Online tidak mengenal tenggat waktu atau deadline seperti halnya media cetak. Deadline bagi jurnalistik online, publikasi paling lambat adalah beberapa menit bahkan detik setelah kejadian berlangsung.

Jurnalistik Online Wartawan bisa menulis berita kapan saja dan dimana saja, bahkan di atas tempat tidur sekalipun, selama teradapat jaringan internet. Berita dapat diarsipkan berdasarkan kategori (rubrik) atau kata kunci (keyword atgau tags).

Kategori media online meliputi: Portal, website (situs web, termasuk blog dan media social seperti Facebook dan Twitter), radio online, TV Online, dan E-mail. Jenis situs berita diantaranya: RepulikaOnline (ROL), Islampos.com, Kompas.com dsb.

Karakter Jurnalistik Online

@ Ringkas (Brevity)

Berita online berifat ringkas, untuk menyesuaikan tingkat kesibukan manusia modern yang semakin tinggi. Pembaca memiliki sedikit hanya dengan membaca judul).

Maka, jurnalisme online sebaiknya berisi tulisan yang ringkas, tak perlu panjang. Buatlah naskah yang ringkas dan sederhana.

@ Kecepatan

Media online mengandalkan kecepatan. Begitu berada di Tempat Kejadian,sudah bisa dilaporkan, dan disebarluaskan.

@ Dapat Diralat
Jika media cetak melakukan kekeliruan terhadap suatu tulisan, maka ralatnya harus menunggu cetak keesokan harinya. Sedangkan media online detik itu juga bisa diralat atau dihapus.

Kekurangan Media Online

Ketergantungan terhadap koneksi internet, dapat menjadi penghambat atau tertundanya informasi. Terlebih, jika tidak ada aliran listrik, baterai lowbete, jaringan internet tidak ada dsb. Akibatnya media online tak bisa diakses.

Dikarenakan mengandalkan kecepatan, seringkali mengabaikan akurasi. Selain fakta atau informasi yang disampaikan tidak akurat, sering terjadi kesalahan ketik, tidak melakukan cek and ricek, bahkan lebih mengedepankan rating, yang terjadi malah menyebarkan berita hoax alias berita bohong. Kode Etik Jurnalistik pun tidak dipatuhi. (F-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *