Home / PROGRAM MASTERPIECE

PROGRAM MASTERPIECE

1. Peningkatan Kapasitas Jurnalis Muslim

Forjim menyelenggarakan berbagai kursus dan pelatihan bagi anggota. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme jurnalis muslim. Melalu kemitraan dengan beberapa lembaga, secara rutin Forjim menggelar pelatihan tematik, semisal kursus liputan bencana, kursus liputan konflik, pelatihan liputan investigasi dan sebagainya.

2. Advokasi Persoalan Keumatan

Melalui kerja-kerja jurnalistik yang bertanggung jawab dan professional, dengan izin Allah Forjim menjadi garda terdepan mengawal berbagai persoalan umat.

Dalam berbagai persidangan yang menyudutkan ulama misalnya, Forjim hadir dan memberitakan secara jernih tanpa tendensi menyudutkan.

Contoh lain, Forjim juga menjadi organisasi jurnalis yang pertama hadir mengadvokasi kasus pendangkalan akidah para penyintas gempa Lombok tahun 2018.

3. One Masjid One Journalist

Persoalan kaderisasi hampir selalu menjadi isu utama pergerakan, untuk itu Forjim berusaha setiap saat melahirkan jurnalis muslim yang tangguh dan bermental pejuang.

Salah satu caranya dengan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik berbasis masjid yang kami sebut dengan One Masjid One Journalist (OMOJ).

Melalui program ini, Forjim ingin menjadikan masjid sebagai pusat informasi umat yang juga dapat menangkal segala hoaks. Bahkan umat dapat berperan sebagai pemberi informasi pertama yang kemudian diverifikasi oleh Forjim.

Sejak diluncurkan tahun 2017 lalu, OMOJ alhamdulillah selalu mendapatkan respon positif dari banyak kalangan. Hingga kini, alumninya yang sudah berjumlah 210 orang, tersebar di berbagai media Islam dan tidak sedikit yang mengelola media sendiri berbasis komunitas (masjid, sekolah, pesantren dan organisasi)

4. Media Partnership

Forjim dalam perjalanannya juga berkembang menjadi organisasi yang membuka peluang sinergi dengan pihak lain. Melalui prinsip ta’awun, Forjim hadir sebagai partner bagi Ormas Islam dan Lembaga yang juga bervisi menyebarkan syiar-syiar Islam.

Karena itu, Forjim beberapa kali dipercaya sebagai partner untuk beberapa event besar seperti Dr.Zakir Naik Visit 2017, Yusuf Estes Roadshow 2018, serta berbagai acara lainnya yang digelar di Jakarta dan beberapa kota.

Sinergi ini terwujud karena Forjim menyadari kekuatan dari persatuan umat dalam bingkai Ahlusunnah Wal Jamaah.